Home / Berita Nasional / Tempo Minta Dewan Pers Turun Tangan masalah Karikatur Rizieq

Tempo Minta Dewan Pers Turun Tangan masalah Karikatur Rizieq

Tempo Minta Dewan Pers Turun Tangan masalah Karikatur Rizieq

 Karikatur Tempo

Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Arif Zulkifli memohon Front Pembela Islam (FPI) yang tersinggung atas pemuatan karikatur edisi 26 Februari 2018 mengadukannya ke Dewan Pers.

“Dewan Pers yaitu instansi yang pas merampungkan tafsir atas kerja jurnalistik sebagai product berita, ” kata Arif dalam info tertulisnya, Jumat (16/3).

Massa serta beberapa pengurus FPI mendatangi gedung Tempo di Jalan Palmerah Barat protes karikatur yang melukiskan seseorang bersorban yang menyampaikan kabar tidak jadi pulang pada seseorang wanita sebagai lawan bicaranya. Massa terasa tersinggung dengan karikatur itu.

FPI menuduh kartun itu berbuat tidak etis umat Islam karna menafsirkan orang berjubah itu yaitu Rizieq Shihab, pemimpin FPI yang saat ini menetap di Arab Saudi. Rizieq diberitakan pernah juga akan pulang pada 21 Februari lantas tetapi batal.

Beberapa perwakilan FPI berdialog dengan Arif yang didampingi Pemimpin Redaksi Koran Tempo Budi Setyarso serta Kepala Komunikasi Korporat Wahyu Muryadi.

Dalam dialog sepanjang satu jam itu disetujui kalau FPI memajukan somasi atas kartun itu serta juga akan dimuat jadi hak jawab pada majalah Tempo edisi minggu depan.

Menurut Arif, di negara hukum Indonesia, sengketa kabar berita oleh pembaca serta media dikerjakan di Dewan Pers sesuai sama Undang-Undang Pers.

“Kerja jurnalistik itu menaruh daif (kekurangan), serta instansi yang berwenang menilainya kekurangan itu yaitu Dewan Pers, ” tuturnya.

Tidak senang dengan pernyataan itu, pemimpin FPI memohon Arif menyebutkan mohon maaf atas pemuatan kartun itu.

“Pada efek yang disebabkan atas pemuatan kartun itu, saya mohon maaf, ” kata Arif.

Arif menyatakan dalam kerja jurnalistik tidak ada intensi merendahkan, berbuat tidak etis, atau beritikad tidak baik pada narasumber, organisasi, atau tokoh yang tengah dikabarkan.

“Kerja jurnalistik itu hanya menumpukan pada kenyataan, tidak kurang serta tidak lebih, ” kata dia. ” Tetapi, bila pencarian sebagian kenyataan itu dipandang salah, Dewan Pers yang berwenang menilainya. “

BACA JUGA YANG INI :

Samsung Galaxy S9 dan S8 Spesifikasi nya hanya berbeda tipis
Trailer Film Peter Rabbit Segera Tayang Di Bioskop
Kisah Guru Menyembunyikan 19 Siswa di Lemari Selama Pembantai
Jadwal Bola Champions Yang Akan Di Selenggarakan Minggu Ini
Di Musim Premier League Chelsea Menelan Kekalahan Lagi

About admin

Check Also

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam – Vitamin adalah satu zat senyawa kompleks yang begitu dibutuhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *