Home / Berita Nasional / Perkenalan Ayam Kampung

Perkenalan Ayam Kampung

Perkenalan Ayam Kampung – Ayam kampung telah menebar hampir ke semua pelosok tanah air. Pemahaman ayam buras mencakup semua ayam bukan ras atau tidak hanya ayam negeri pedaging serta petelur.

Dengan begitu, yang termasuk ke type ayam buras ialah beberapa jenis ayam seperti ayam kampung, ayam kedu, ayam nunukan, ayam pelung, atau ada pula yang masukkan ayam hias ke kelompok ini. Lebih detilnya bisa disaksikan pada pola keluarga ayam.

Tidak hanya pemahaman diatas, ada pula yang memakai arti ayam kampung untuk beberapa macam ayam buras. Ayam buras seperti ayam kedu, ayam nunukan, serta type ayam yang lain seringkali digolongkan ke kelompok ayam kampung.

Ayam kampung mempunyai warna bulu yang beragam, ada yang putih, kuning, kuning kemerahan, hitam, atau gabungan dari beberapa warna itu. Warna bulunya yang beragam macam itu membuat type ayam ini gampang dibedakan dari ayam ras, figurnya juga lebih kecil, serta penampilannya tampak lebih gesit.

Pada usia yang sama, type ayam ini memiliki berat yang lebih rendah dari ayam ras. Dengan pemeliharaan yang intens, ayam ras umumnya telah sampai berat seputar 250 g pada usia sebulan, sedang ayam kampung baru sampai 150 g. Akan tetapi, pada usia 4 bulan perbandingan beratnya tidaklah terlalu jauh, ayam ras sampai berat seputar 1.570 g, sesaat ayam kampung sampai berat seputar 1.400 g.

Perkenalan Ayam Kampung

Sejarah Pertumbuhan Ayam Kampung

Sejarah ayam kampung dimulai dari generasi pertama ayam kampung yaitu dari keturunan ayam hutan merah (Gallus gallus).

Jenis ayam kampung sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Kutai. Pada saat itu, ayam kampung merupakan salah satu jenis persembahan untuk kerajaan sebagai upeti dari masyarakat setempat.

Keharusan menyerahkan upeti menyebabkan ayam kampung selalu diternakan oleh warga kampung dan menyebabkan ayam kampung tetap terjaga kelestariannya.

Di samping itu, ayam kampung memang sesuai dengan selera masyarakat setempat. Kebiasaan beternak ayam kampung tersebutlah yang menyebabkan ayam ini mudah dijumpai di tanah air. Sampai sekarang sistem upeti dalam arti perpindahan barang (ayam kampung) dari desa ke kota masih tetap ada. Bedanya, saat ini perpindahan tersebut lebih bersifat bisnis.

About admin

Check Also

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam – Vitamin adalah satu zat senyawa kompleks yang begitu dibutuhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *