Home / Berita Nasional / Mengetahui Kucing Emas, Hewan Langka Keluarga Harimau

Mengetahui Kucing Emas, Hewan Langka Keluarga Harimau

Mengetahui Kucing Emas, Hewan Langka Keluarga Harimau

Kucing Emas

Pernahkah Anda mendengar hewan bernama kucing emas?

Kucing ini sedang hangat diperbincangkan setelah ia masuk ke garasi seorang warga Gampong Masjid, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Bila dibanding dengan kucing kampung, kucing ini memiliki ukuran semakin besar dan suaranya juga berlainan. Tak heran, warga awalannya menduga ini yaitu anak harimau.

Sunarto, ahli ekologi satwa liar dari World Wildlife Fund (WWF), menjelaskan klasifikasi biologis kucing ini pada Kompas. com. Menurutnya, spesies kucing emas bernama ilmiah Catopuma temminckii. Spesies ini masih satu famili dengan harimau, yakni Felidae.

Kucing emas adalah satu diantara kucing hutan. Sunarto mengatakan ada 9 jenis kucing hutan, diantaranya harimau, macan tutul, macan dahan, dan kucing emas.

” Untuk kucing emas, ukurannya sedikit lebih kecil dibanding macan dahan dan semakin besar dibanding kucing kampung. Perkiraan kasar saya ukurannya 60-80 sentimeter, ” kata Sunarto saat dihubungi Kompas. com melalui sambungan telepon, Rabu (14/3/2018).

Kucing emas adalah hewan liar yang dapat berburu. Jika keberadaannya terganggu atau terganggu, kemungkinan besar kucing bisa menyerang.

Lembaga internasional untuk konservaasi alam (IUCN) yang konsentrasi mengatasi hewan-hewan terancam punah menyebutkan kalau kucing emas statusnya Near Threatened atau rawan punah.

Sunarto menjelaskan, walau dengan global statusnya rawan punah tapi belum pasti status yang sama saja dinyatakan di Indonesia.

Dalam sebagian masalah, ada hewan yang berstatus aman dengan global tapi di Indonesia statusnya sudah terancam punah.

” Jujur saja untuk kucing emas di Indonesia kami belum memiliki datanya, ” tutur Sunarto.

Spesies yang habitatnya berada di hutan dan dataran tinggi ini menurut Sunarto tetap terancam. Satu diantara buktinya saja, kita akrab dengan kabar berita harimau tapi asing dengan kucing emas.

Terdapat banyak hal yang meneror populasi kucing emas ini, yaitu keberadaan hutan dan perburuan.

Menurut Sunarto, kucing emas berlainan dengan kucing batu yang dapat hidup di perkebunan kelapa sawit dan makin lama keberadaan hutan terancam.

” Kita belum sempat dengar kucing emas dapat hidup di (perkebunan) sawit. Hal ini yang butuh jadi kecemasan, ” katanya.

Seperti dikabarkan beritasemasaterikini sebelumnya, staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh yang bernama Trisamitra mengatakan kalau kucing yang ditemukan di Aceh adalah kucing emas. Hewan langka yang dilindungi dan semacam harimau.

Trisamitra menaikkankan, rencananya satwa itu akan dilepasliarkan kembali di kawasan hutan konservasi. Tetapi, jika keadaan fisiknya mengalami cedera seperti luka-luka, jadi akan di beri perawatan atau dikarantinakan seebelum dilepasliarkan.

BACA JUGA YANG INI :

Samsung Galaxy S9 dan S8 Spesifikasi nya hanya berbeda tipis
Trailer Film Peter Rabbit Segera Tayang Di Bioskop
Kisah Guru Menyembunyikan 19 Siswa di Lemari Selama Pembantai
Jadwal Bola Champions Yang Akan Di Selenggarakan Minggu Ini
Di Musim Premier League Chelsea Menelan Kekalahan Lagi

About admin

Check Also

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam – Vitamin adalah satu zat senyawa kompleks yang begitu dibutuhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *