Home / Berita Nasional / Lokasi Batam Punyai Ciri khas Favorite Penyelundup

Lokasi Batam Punyai Ciri khas Favorite Penyelundup

Lokasi Batam Punyai Ciri khas Favorite Penyelundup

Lokasi Batam Punyai Ciri khas Favorite Penyelundup

Kepolisian Daerah (Polda) Kepri memberi atensi pada pelabuhan ilegal jadi jalur masuk beberapa barang ilegal dari luar negeri. Kepolisian memberi pengawasan ekstra karna pelabuhan ilegal di Batam banyak.

“Kami bekerjasama dengan pihak berkaitan, dalam hal semacam ini pemerintah daerah karna terdapat banyak salah satunya adalah pelabuhan rakyat,” ungkap Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, Rabu, 21 Maret 2018.

Kehadiran pelabuhan ilegal disadari riskan digunakan oleh penyelundup memasukkan barang ilegal. Terlebih ciri-khas lokasi Batam yang disebut kepulauan. Hal semacam ini mengakibatkan penyelundup mencari jalur untuk memasukkan barang tanpa ada terpantau petugas.

“Lagi, kami begitu sepakat dengan gagasan pemerintah yang juga akan tutup beberapa puluh pelabuhan ilegal di Batam,” tegas Didid pada wartawan.

Baiknya, kata Didid, pelabuhan di Batam terpusat cuma di sebagian tempat saja. Agar pengawasannya lebih gampang.

Sebagian kejahatan yang punya potensi berlangsung di pelabuhan ilegal dari mulai penyelundupan barang, narkoba, sampai perdagangan manusia.

Sesaat, pengamat ekonomi Kota Batam, Suyono Saputra menyebutkan, pemerintah mesti serius mewujudkan gagasannya tutup sekitaran 70 pelabuham ilegal di Batam. Bukanlah hal baru apabila Batam mempunyai banyak jalur tikus.

“Terlebih kalau pelabuhan itu jadi jalur atau pintu masuk beberapa barang import ilegal yang notabene merugikan industri di Tanah Air,” ungkap Suyono pada Medcom. id, Kamis, 22 Maret 2018.

Gagasan pemerintah ini mempunyai banyak faedah serta peran. Jadi lokasi industri serta free trade zona (FTZ), baiknya Batam mempunyai dua atau tiga sampai empat pelabuhan resmi.

“Pelabuhan Batuampar serta dua pelabuhan di Kabil bisa dipakai jadi pelabuhan ekspor-impor, sedang Pelabuhan Sekupang bisa jadikan pelabuhan bongkar muat barang dalam negeri, termasuk juga kapal yang membawa keperluan sembako untuk pulau-pulau sekitaran Batam,” urainya.

Sebagian pelabuhan ilegal di Batam telah lama di kenal jadi pintu masuk barang ilegal dari luar negeri, terlebih Singapura. Modusnya, penyelundup memakai kapal kayu berbobot pada 300-500 ton membawa beragam barang ilegal serta berlayar saat malam hari.

Penyelundup pilih saat larut malam supaya terlepas dari pantauan ataupun patroli aparat.

Sebagian pelabuhan itu, salah satunya pelabuhan tikus Tanjungsengkuang, Kec Batuampar serta pelabuhan tikus di Seilekop, Kec Sagulung, Kota Batam. Pelabuhan ini telah cukup di kenal jadi pintu masuk barang ilegal.

Pelabuhan tikus di Tanjungsengkuang, umpamanya, telah mulai sejak lama dipakai yang memiliki kapal jadi jalur masuk barang ilegal. Dua entrepreneur di Batam, inisial HT serta HP telah tidak asing sekali lagi serta di kenal jadi penguasa di pelabuhan itu.

“Entrepreneur HT telah tidak beraktivitas (membawa barang muatan import) sekali lagi. Bila HP masih tetap, namun itu juga tidak sejumlah dahulu sekali lagi. Paling saat ini sekali atau 2 x,” ungkap sumber pada beritasemasaterikini.

Lokasi pelabuhan Tanjungsengkuang memanglah ada di sekitaran pesisir pantai Kec Batuampar. Tempatnya termasuk cukuplah strategis karna bertemu segera dengan negara tetangga, Sungapura.

“Untuk memasukkan barang, penyelundup sudah mengetahui jalur mana yang juga akan dipakai. Tetapi belakangan ini petugas gencar lakukan patroli. Banyak kapal yang membawa barang import di tangkap karna tidak mempunyai dokumen,” ungkap sumber itu.

Pelabuhan yang lain yaitu Seilekop, di Kecamatan Sagulung. Bahkan juga, Rabu, 21 Maret 2018 tempo hari, tiga kapal pengangkut barang ilegal di tangkap Tim Paduan Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV serta Lanal Batam.

BACA JUGA :

Adipati Dolken serta Chelsea Islan Akan Adu Akting di Film Sang Haloban
Komeng Capai Gelar S1 Di Umur 48Tahun Untuk Tepati Janji Ini
Zaini Misrin : Indonesia memprotes hukuman pancung TKI, Kemlu panggil Dubes Arab Saudi

About admin

Check Also

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam – Vitamin adalah satu zat senyawa kompleks yang begitu dibutuhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *