Home / Berita Nasional / Guillermo Haro, Astronom Meksiko yang Dapatkan Gelombang Kejut

Guillermo Haro, Astronom Meksiko yang Dapatkan Gelombang Kejut

Guillermo Haro, Astronom Meksiko yang Dapatkan Gelombang Kejut

Hari ini Google Doodle rayakan hari lahir Guillermo Haro. Pria kelahiran Kota Meksiko ini mempunyai cerita yang termasuk ‘ajaib’. Sebab, awalannya ia yaitu seseorang pakar filsafat serta hukum yang lalu jadi pakar bintang dengan kata lain astronom.

Di masa 1940-an, Haro menginvestigasi konstelasi Orion dari Observatorium Tonantzintla untuk temukan bintang-bintang muda. Disana juga, ia temukan satu objek angkasa yang ganjil.

Richard Schwartz dari Kampus Missouri pada akhirnya membuka objek langit yang diketemukan Haro yaitu gelombang kejut interstellar.

Dengan teori ilmiah, gelombang-gelombang kejut itu di keluarkan dari bintang-bintang muda, serta bergerak beberapa ratus km. per detik dari mereka. Perlu beberapa puluh tahun untuk beberapa pakar untuk menerangkan fenomena itu.

Penemuan Haro mengagetkan kelompok pakar bintang, sebab mereka tidak menganggap bintang muda juga akan memberi gerakan keluar (outflow motion).

Karena penemuan Haro, beberapa peneliti juga bisa pelajari tingkah laku unik dari beberapa bintang-bintang muda di angkasa luar

Objek itu lalu diberi nama Herbig-Haro. Herbig sendiri yaitu pakar astronomi yang pelajari objek itu di California, berbarengan dengan Haro di Meksiko.

Diluar itu, ada pula Galaksi Haro, yaitu satu type galaksi yang keluarkan emisi yang begitu kuat di lokasi spektrum biru serta violet mereka.

Galaksi Haro biasanya berupa eliptis serta lentikular. Sang penemu temukan galaksi ini pada 1956 di Observatorium Tonantzintla.

Kehidupan Pribadi serta Prestasi

Guillermo Haro wafat pada 26 April 1988 pada umur 75 tahun. Ia wafat di Kota Meksiko, tempat ia dilahirkan serta dimana ia bekerja mencermati fenomena angkasa.

Karena prestasinya, ia jadi orang pertama yang diangkat jadi anggota Royal Astronomical Society (perkumpulan astronomi kerajaan) dari negara-negara berkembang.

Guillermo Haro pernah menikah 2 x serta saat ini mempunyai tiga orang anak.

BACA JUGA YANG INI :

Samsung Galaxy S9 dan S8 Spesifikasi nya hanya berbeda tipis
Trailer Film Peter Rabbit Segera Tayang Di Bioskop
Kisah Guru Menyembunyikan 19 Siswa di Lemari Selama Pembantai
Jadwal Bola Champions Yang Akan Di Selenggarakan Minggu Ini
Di Musim Premier League Chelsea Menelan Kekalahan Lagi

About admin

Check Also

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam – Vitamin adalah satu zat senyawa kompleks yang begitu dibutuhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *