Home / Berita Nasional / Alih Peranan Lahan di Bandung Utara Pacu Banjir Bandang

Alih Peranan Lahan di Bandung Utara Pacu Banjir Bandang

Alih Peranan Lahan di Bandung Utara Pacu Banjir Bandang

Alih Peranan Lahan di Bandung Utara Pacu Banjir Bandang

Banjir Bandang yang menempa lokasi Cicaheum, Kota Bandung, mengakibatkan kerusakan beberapa puluh tempat tinggal serta tersisa tumpukan lumpur pada Selasa, 21 Maret 2018, malam. Alih peranan lahan dengan masif jadi penyebab.

“Seperti di ketahui, alih peranan lahan berlangsung di Bandung Utara di mana pengalihan tempat rimba lindung jadi Hotel, Cafe serta Resort,” ungkap Pakar Hidrologi serta Lingkungan Kampus Padjadjaran Chay Asdak pada beritasemasaterikini, Kamis, 22 Maret 2018.

Dengan fisik, tiga lokasi yakni Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung Kota Bandung ada pada ketinggian diatas 700 meter dari permukaan laut. Sedang puncak Bandung Utara awalannya adalah lokasi vegetasi yang notabene dipenuhi oleh pohon-pohon.

“Saat berlangsung alih peranan lahan, vegetasi yang umum menahan laju air saat hujan lebat menghilang serta pada akhirnya banjir tidak terbendung,” jelasnya.

Diluar itu, kata Chay, drainase yang kurang baik juga mengakibatkan air hujan tidak tertampung. Pada akhirnya meluap serta mengakibatkan banjir bandang.

“Bila ada pohon-pohon atau rimba lindung, air hujan yang turun dapat ditampung di tanah serta masuk dalam cekungan alami,” katanya.

Chay menyatakan, banjir bandang yang berlangsung di Kota Bandung semestinya jadi cambuk untuk pemerintah untuk selekasnya ambil sikap. Terlebih mengenai pengawasan perizinan pada beberapa entrepreneur.

Petinggi Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, serta Propinsi Jawa barat, mesti selekasnya menertibkan perizinan. Semua entrepreneur mesti penuhi ketentuan ruangan terbuka hijau (RTH), kolam retensi serta sumur artesis.

“Janganlah perbolehkan entrepreneur buka lahan di situ (lokasi Bandung Utara). Diluar itu butuh diakui keberfungsian drainase itu cuma sekitaran 30%,” katanya.

BACA JUGA :

Adipati Dolken serta Chelsea Islan Akan Adu Akting di Film Sang Haloban
Komeng Capai Gelar S1 Di Umur 48Tahun Untuk Tepati Janji Ini
Zaini Misrin : Indonesia memprotes hukuman pancung TKI, Kemlu panggil Dubes Arab Saudi

About admin

Check Also

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam

Efek Vitamin Untuk Ternak Ayam – Vitamin adalah satu zat senyawa kompleks yang begitu dibutuhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *